Kegiatan Pendampingan dan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif pada Guru SD Negeri Dermo 2 Kediri

Prgram Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains Universitas Nusantara PGRI Kediri Kediri mengadakan kegiatan pendampingan dan pelatihan pembuatan media pembelajaran inovatif. Adapun manfaat dari pelaksanaan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi guru, salah satunya guru memiliki keterampilan dalam pengembangan media pembelajaran inovatif (berbasis literasi numerasi dan TPACK) dan menghasilkan kemampuan analisis literasi numerasi serta pengintegrasiannya. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen, pada pasal 10 ayat 1 disebutkan bahwa kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi.

Dalam kegiatan pendampingan dan pelatihan pembuatan media pembelajaran (berbasis literasi numerasi dan TPACK) ini diberikan materi tentang bagaimana mengembangkan media pembelajaran yaitu pembuatan e-modul dan video pembelajaran Sreencast-O-Matic (SOM). Aplikasi SOM dapat di download gratis di internet. SOM juga merupakan aplikasi video presentasi yang menyenangkan dan mudah untuk digunakan oleh guru dengan mengubah hasil salindianya kedalam bentuk video presentasi.

Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 12 November 2022 dan 13 November 2022. Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Nusantara PGRI Kediri yang membantu kegiatan pendampingan kepada guru-guru SD Negeri Dermo 2 Kediri.

Gambar 1. Pelaksanaan kegiatan

Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang bermitra dengan SD Negeri  Dermo  2  Kediri  yang  pertama  adalah  tahap  perencanaan.  Langkah  pertama tahap perencanaan ini adalah survei lapangan terkait masalah yang dihadapi oleh mitra. Pengklasifikasian masalah yang dihadapi mitra dan analisis solusi. Setelah merumuskan solusi, solusi tersebut ditawarkan kepada mitra yang bersangkutan.

Langkah kedua setelah mitra menyetujui solusi yang ditawarkan adalah Action atau pelaksanaan kegiatan. Kegiatan dimulai dengan memberikan materi literasi dan numerasi dan TPACK, dilanjutkan dengan latihan, praktik dan diskusi membuat mulai dari pemilihan materi yang sesuai. Pada hari berikutnya dilanjutkan dengan pembuatan video pembelajaran dan pembuatan e-modul. Selanjutnya perekaman modul menjadi video pembelajaran dengan menggunakan Screencast-O-Matic. Materi ini digunakan sebagai bentuk implementasi dari hasil pembuatan media pembelajaran.

Langkah ketiga dalam kegiatan ini adalah feed back atau umpan balik. Kegiatan ini adalah upaya memberikan umpan balik terhadap kegiatan pendampingan dan pelatihan yang menunjukkan bahwa hasil respon pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis literasi numerasi dan TPACK pada kategori keterbaruan rata- rata 88,75 dengan kategori respon sangat baik. Respon pelatihan media pembelajaran berbasis literasi numerasi dan TPACK pada kategori kebermanfaatan mencapai 91,25 dengan kategori respom sangat baik juga. Hasil kegiatan pelatihan ini secara garis besar menunjukan keberhasilan kegiatan melalui tingkat pemahaman peserta dalam pengetahuan, keterampilan dan lebih percaya diri untuk meningkatkan minat peserta dan motivasi untuk berkembang melalui pelatihan pengembangan media pembelajaran inovatif (berbasis literasi numerasi dan TPACK) dapat menjadi salah satu Professional Development untuk guru-guru SDN Dermo 2 Kediri.

Gambar 2. Kegiatan pendampingan guru
Gambar 3. Kegiatan praktik guru

(Dian Devita Yohanie, Aan Nurfahrudianto, Jatmiko, Samijo, Darsono)